Inilah Cara Mencuri Template Blog

 

Risma SMKDA, -Cara Mengetahui Kode/CSS Template Blog Orang Lain  -  Tulisan ini juga bukan dimaksudkan untuk mengajarkan sobat-sobat cara mencuri kode/isi template blog orang lain, namun lebih saya tujukan sebagai  upaya pembelajaran bagi kita bersama, misalnya untuk mengetahui bagaimana sih struktur cara penulisan kode HTML/CSS yang benar, atau bagaimana cara menempatkan tag/perintah tertentu pada template sehingga akhirnya kita bisa melakukan editing atau koreksi pada template blog kita sendiri. Saya sendiri sering melakukan kebiasaan “mengintip seperti ini sejak awal saya ngeblog. Mulai darimengintip backlink orang lain, mengintip template orang lain, mengintip widget orang lain bahkan sampai mengintip artikel yang paling sering dibaca di blog orang lain. Yang penting kebiasaan mengintip ini harus bisa kita proyeksikan menjadi sebuah motivasi positif untuk bisa berbuat lebih baik dari orang lain, itulah prinsip yang harus dipegang seorang blogger. Kalau kita mencuri mengambil mengcopy kode atau isi template orang lain apalagi secara full tanpa ada permisi dengan si empunya, berarti kita tidak menghargai jerih payah atau hasil karya orang lain. Apalagi kalo si pembuat template ternyata adalah anak bangsa kita sendiri tentunya kasian sekali bukan kalau kita perlakukan seperti itu? So kalo mau template bagus yang premium ya beli dong..he he.

OK sobat, mohon maaf kalo prolognya kepanjangan karena terlalu bersemangat he..he,  langsung saja kita ke topik cara mengetahui/melihat kode html/css template blog orain lain seperti judulnya diatas. Ada 2 cara yang bisa sobat lakukan untuk melihat isi template sebuah halaman blog :
 
1.      Cara Pertama, yaitu secara langsung dengan menekan Ctrl + U atau klik kanan pada halaman blog yang ingin sobat lihat isi “dalamannya”, kemudian pilih View Page Source. Maka akan terbuka sebuah window baru seperti gambar dibawah ini dimana sobat bisa melihat isi template termasuk kode HTML/CSS yang ada dalam template. Sobat juga bisa mengetahui meta tag apa saja yang ada di blog orang lain tersebut atau seperti apa dia menuliskan meta tag deskripsi dan meta tag keyword untuk blognya dan lain-lain.


2.     Cara Kedua, yaitu dengan menggunakan Addons dari Firefox yang bernama Firebug. Sobat harus menginstall addons firebug for firefox ini sebelum mulai menggunakannya. Saya menginstall addons Firebug Version 1.7.2 untuk browser Firefox 3.6.22 yang saya pakai sekarang. Silahkan menuju link ini https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/firebug/versions/  untuk memilih versi Firebug yang sesuai dengan browser Firefox sobat.
 
      Jika sudah terinstall maka dipojok kanan bawah browser Firefox anda akan terlihat icon Firebug. Cara menggunakannya mudah saja, buka halaman blog yang ingin sobat “intip” kemudian langsung klik icon Firebug di pojok kanan bawah browser anda. Maka akan terbuka sebuah window di bagian bawah browser.
 
     Window ini displit menjadi 2 di bagian tengah tapi bisa digeser-geser dengan mouse. Disini anda bisa melihat struktur isi template blog yang ditampilkan seperti menu pada komputer. Klik simbol plus (+) pada bagian <head> atau <body> untuk untuk melihat kode apa saja yang tersembunyi. Jika ingin melihat kode CSSnya, anda tinggal mengklik menu CSS pada toolbar. Bahkan dengan addons Firebug ini sobat juga bisa menganalisa Page Speed atau kecepatan loading blog melalui menu Page Speed, addons yang keren memang. Saya tidak bisa menuliskan secara detil bagaimana cara menggunakan Firebug ini karena tulisannya akan jadi suangaat panjang sekali. Jadi silahkan dicoba-coba sendiri aja sobat, karena saya pun belajarnya secara otodidak alias nyoba-nyoba sendiri.

15 komentar:

  1. wow yg komen mana nh komenannya ??
    wakakakak :V

    BalasHapus
  2. makasih gan untuk artikelnya kali ini..
    terutama tentang hiburannya.. lumayan dah bikin fresh lagi nie otak..
    kapan kapan saya balik lagi dah kesini..

    BalasHapus
  3. apakah bisa lihat pluginsnya?

    BalasHapus
  4. sumpah bingung,,baru punya blog ,,hikz

    BalasHapus
  5. mantap gan..
    http://qreisubs.co.vu/

    BalasHapus
  6. wah infonya menarik tp hati" jd plagiator template :D
    bisa" ntar dituntut coy :D

    BalasHapus
  7. bagi kalian pecinta game poker uang asli silahkan daftar di website bawah ini..
    -tanpa bot
    -jacpot yang lebih RP.6000.000
    -bank yang tersedia BNI,BCA,BRI
    -untuk 10 orang yang pertama daftar dapat chip sebesar RP.15000
    linknya:
    www.jasapoker.com
    www.jasapoker.com
    www.jasapoker.com

    BalasHapus
  8. mksh gan info'x sangat bermanfaat sekali..
    sukses terus buat blog'x...

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. KakiQQ Situs Judi Poker QQ Domino 99 Bandarq Online Terpercaya 2019
    Official Website : Agen BandarQ
    Visit : Agen BandarQ Online

    BalasHapus